18 Motor Terjaring Asmara Subuh di Ring Road, 12 Diboyong

Petugas memeriksa kelengkapan berkas pengendara sepeda motor di kawasn Ringroad, Minggu (27/5/2018).

Petugas memeriksa kelengkapan berkas pengendara sepeda motor di kawasn Ringroad, Minggu (27/5/2018).



POJOKSUMUT.com, MEDAN-Sebanyak 18 pengendara sepeda motor terjaring dalam penertiban yang dilakukan Tim Pemantauan Asmara Subuh di Jalan Ring Road, Medan, Minggu (27/5/2018)

Dari jumlah itu, 12 sepeda motor terpaksa diamankan karena pengendaranya tidak membawa kelengkapan surat-surat seperti SIM dan STNK. Sedangkan 6 pengendara lagi, SIM dan STNK-nya ditilang karena mengendarai sepeda motor tanpa menggunakan helm dan berbonceng tiga.

Kapolsek Medan Sunggal Kompol Wira Prayatna yang penertiban asmara subuh hari kesebelas di bulan ramadan ini mengatakan, personel yang diturunkan lebih banyak dibandingkan dengan penertiban sebelumnya. Sebab, tim gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Pemko Medan dan instansi terkait memprediksi momen hari libur seperti Minggu biasanya digunakan banyak masyarakat terutama para remaja untuk berasmara subuh usai makan sahur dan salat subuh.

Prediksi itu ternyata tepat, banyak banyak masyarakat berasmara subuh dengan mengendarai sepeda motor tanpa mengindahkan peraturan yang ada. Selain tidak mengenakan helm, mereka juga ada yang berbonceng tiga tanpa memikirkan keselamatan jiwanya.

“Tim langsung mengambil tindakan tegas persisnya seputaran eks SPBU Petronas. Begitu melihat pengendara sepeda motor melintas tanpa mengenakan helm, para personel langsung menghentikannya,” kata Wira.

Diutarakan Wira, tidak hanya kelengkapan surat kenderaan bermotor, bagasi dan tas yang dibawa para pengendara tak luput diperiksa. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak membawa senjata tajam maupun narkoba. “Sebanyak 12 sepeda motor yang diamankan bisa diambil kembali jika pengendara dapat menunjukkan kelengkapan surat sepeda motornya,” tuturnya.

Ia menyebutkan, dari 12 sepeda motor yang diamankan umumnya pengendara masih remaja. Mereka pun pasrah dan merelakan sepeda motornya diamankan. “Selain itu, tim juga melakukan tilang terhadap 4 STNK, sebab pengendaranya selain tidak pakai helm juga tidak memiliki SIM. Tak hanya itu, turut menilang 2 SIM lantaran pengendaranya tidak pakai helm dan tidak membawa STNK,” bebernya.

Lebih lanjut ia mengatakan, tidak hanya penertiban di seputaran eks SPBU Petronas, para personel diturunkan untuk melakukan patroli di sepanjang Jalan Ring Road mulai Pasar I, Pasar II, Jalan Ngumban Surbakti sampai persimpangan Jalan Ring Road/Jalan Gatot Subroto persisnya The Manhantan Square. “Kawasan itu selama ini sering dijadikan areal track untuk balapan liar,” ucapnya.

Wira menambahkan, diimbau kepada seluruh masyarakat, terutama para remaja agar tertib berlalu lintas dan lengkap membawa surat serta menghindari melakukan tindak kejahatan.

 

“Ini  bulan ramadan yang merupakan bulan baik. Maka dari itu, mari perbanyak amal sehingga kita semua selalu dalam lingungan Allah SWT,” imbuhnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds