Malam Takbiran dan Lebaran, Trafik Data Telkomsel Sumatera Naik 20 Persen Lebih

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Trafik data Telkomsel Sumatera mencatat kenaikan hingga lebih dari 29 persen pada H-1 lebaran atau malam takbiran 2018 hingga hari pertama Idul Fitri.
Sedangkan pada hari Lebaran, kenaikan mencapai 122 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2017.
Manager Corporate Communications Sumatera Telkomsel, Hadi Sucipto menyebutkan, trafik penggunaan layanan yang tertinggi terkonsentrasi di wilayah Kota Medan, Pekanbaru dan Palembang, yang merupakan destinasi utama mudik serta daerah wisata. Dimana, pengunaan data di area ini menembus angka rata-rata 219 TB (terabyte) saat momen H-1 hingga hari pertama lebaran.
“Trafik layanan data mencatat kenaikan paling tinggi sebesar 129 persen menjadi sekitar 3,3 TB. Angka ini meningkat jika dibandingkan dengan trafik data di periode yang sama di tahun 2017. Jika dibandingkan dengan hari normal 2018, layanan ini mengalami kenaikan sekitar 33 persen,” ungkap Hadi, Jumat (15/6/2018).
Diutarakannya, kenaikan juga masih tercatat tinggi di hari lebaran, yaitu sekitar 29,25 persen menembus angka lebihdari 1.440 TB. Jika dibandingkan dengan hari normal 2018, angka trafik data ini naik sekitar 31,72 persen.

“Penggunaan layanan data pada H-1 dan saat lebaran tercatat mengalami peningkatan yang signifikan di beberapa lokasi yang dilalui atau disinggahi oleh pemudik dan beberapa lokasi wisata Sumatera, seperti Alun-alun Taman Merdeka Pangkal Pinang, Pos Kota Kerinci, Taman Kota Baturaja,” sebut Hadi.

Ia menuturkan, peningkatan juga terjadi pada layanan SMS yang mencatat sebesar 16 persen di malam takbiran.
“Tingkat keberhasilan koneksi data dan pengiriman SMS mencapai lebih dari 99 persen. Sedangkan tingkat kesuksesan panggilan mencapai lebih dari 98 persen. Hal ini artinya, tidak ada masalah yang berarti dan secara umum pelanggan dapat menikmati layanan dengan nyaman,” tutur Hadi.
Lebih jauh Jadi mengatakan, sebelumnya Telkomsel telah melakukan peningkatan kualitas jaringan guna melayani kebutuhan komunikasi pelanggan selama periode mudik lebaran. Optimalisasi jaringan ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi yang biasanya terjadi pada H-7 hingga H+7 Lebaran.
“Untuk memastikan kesiapan jaringan dalam mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama periode Ramadhan dan Idul Fitri, Telkomsel telah meningkatkan seluruh elemen jaringan dititik-titik strategis jalur mudik dan pusat-pusat keramaian publik. Secara nasional, Telkomsel membangun 12,113 transceiver station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) di seluruh Indonesia untuk menghadirkan layanan yang berkualitas dengan kapasitas yang memadai,” paparnya.

Hadi menambahkan, selain dari sisi produk dan layanan, secara nasional Telkomsel berupaya menjaga ketersediaan kartu perdana dan layanan isi ulang pulsa sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang biasanya meningkat pada periode RAFI.

Telkomsel juga menggelar posko layanan di 772 titik strategis di jalur mudik dan lokasi wisata utama (point of interest), yang meliputi Bandar Udara, Terminal Bus, Stasiun Kereta, Dermaga, Rumah Sakit, Area Padat Populasi, Pasar Tradisional, dan Mal.
Tak hanya itu, seluruh kanal pelayanan existing Telkomsel juga bersiaga melayani pelanggan, di antaranya 83 GraPARI Telkomsel Siaga dan 349 GraPARI Mitra Siaga, 761 Mobile GraPARI yang terdiri dari 592 armada mobil dan 169 armada motor, 98 unit layanandigitalself-service MyGraPARI, 359 kantor pelayanan mitra distributor, dan 3.779 Outlet Siaga.
(fir/pojoksumut)


loading...

Feeds

Digugat PKB, Begini Reaksi KPU Medan

"Apapun keputusan Bawaslu nantinya, kita harus hormat dan menjalankan hasilnya. Kalau memang kalah di Bawaslu, maka mungkin bisa menempuh ke …