Jerman Vs Meksiko, Jerman Tak Pernah Kalah di Laga Pembuka

POJOKSUMUT.com, Sebagai juara bertahan Piala Dunia 2014, Jerman memulai langkah di Rusia dengan menghadapi Meksiko pada Minggu (17/6) pukul 22:00 WIB. Laga dihelat di Stadion Luzhniki, Moskow.

Bagi Der Panzer – julukan Timnas Jerman, Meksiko bukan lawan asing. Mereka sudah kerap bertemu, bahkan di pentas Piala Dunia.

Ini menjadi pertemuan ke-12 bagi Jerman dan Meksiko di semua ajang. Dari 11 pertemuan sebelumnya, Jerman cukup dominan dengan 5 kemenangan, 5 seri, dan hanya 1 menelan kekalahan.

Artinya, selama ini Meksiko baru sekali meraih kemangan dalam 11 pertemuan melawan Jerman.

Lebih dari itu, saat bertemu dalam laga resmi atau kompetitif, Jerman selalu meraih kemenangan. Itu terjadi di Piala Konfederasi dan Piala Dunia.

Terakhir, Jerman mampu mengalahkan Meksiko di semifinal Piala Konfederasi 2017 yang juga digelar di Rusia. Der Panzer menang telak 4-1.

Laga itu sendiri digelar di Stadion Olimpiyskiy, Sochi. Sebagian besar pemain yang tampil di Piala Konfederasi 2017 masih dipertahankan saat ini.

Pencetak gol saat itu, Leon Goretzka dan Timo Werner, tetap menjadi andalan saat ini. Hanya Amin Younes yang tak masuk skuad.

Tentunya, pelatih Joachim Loew ingin meneruskan memori indah di Sochi pada 29 Juni 2017 tersebut saat menghadapi Tim Sombrero kali ini. Lebih dari itu, Loew tak ingin Der Panzer ternoda saat melawan Meksiko di turnamen resmi.

Seperti diketahui, Jerman menang atas Meksiko di babak 16-besar Piala Dunia 1998, sebelumnya menang 4-1 lewat adu penalti di perempat final Piala Dunia 1986, dan sebelumnya menang 6-0 di fase grup Piala Dunia 1978.

Sedangkan di Piala Konfederasi, Jerman menang 4-1 atas Meksiko di semifinal 2017 dan sebelumnya menang 4-3 pada perebutan tempat ketiga di edisi 2005.

Selain itu, Der Panzer juga memiliki modal lain yakni tak terkalahkan dalam laga pertama fase grup Piala Dunia sejak 1986. Terakhir kali Jerman kalah pada laga pertama di Piala Dunia 1982.

Bahkan, sejak Piala Dunia 1990, Der Panzer selalu menang pada laga pertama fase grup. Mereka pun menorehkan catatan fantastis dengan mencetak rata-rata 3,5 gol per partai dalam perjalanannya tak pernah kalah dalam laga pertama fase grup sejak Piala Dunia 1986.

Jerman pernah menang 8-0 atas Arab Saudi di laga pertama fase grup Piala Dunia 2002. Kemudian menang 4-2 atas Kosta Rika pada 2006, menang 4-0 atas Australia pada 2010, dan di Piala Dunia 2014 menang 4-0 atas Portugal.

Joachim ‘Jogi’ Loew menegaskan bahwa skuadnya siap tempur dalam laga nanti. Dia mengatakan semua pemain dalam kondisi fit.

“Semua pemain fit. Termasuk Mesut Oezil yang telah ikut latihan rutin.”

Kiper? Manuel Neuer telah melakoni laga impresif di pemanasan. Tak ada alasan untuk tak menurunkannya meski dia memang baru pulih dari cedera,” jelas Loew seperti dilansir FIFA.com.

Der Panzer di Piala Dunia 2018 ini memang lebih banyak berisikan pemain muda. Para pemain penting di Piala Dunia 2014 saat membawa Jerman juara sebagian besar sudah pensiun dari Timnas dan ada yang gantung sepatu.

Namun, hal itu tak membuat Jerman khawatir. Pemain muda saat ini sudah membuktikan kehebatannya di Piala Konfederasi 2017.

Jerman sendiri kurang gemilang saat melakoni laga pemanasan. Mereka pernah kalah dari Brasil dan Austria. Dari lima laga pemanasan, Jerman hanya menang 1 kali dan itu pun dengan skor tipis atas Arab Saudi.

Namun, ingat! Jerman adalah tim spesialisasi turnamen. Mereka akan meledak ketika tampil di laga sesungguhnya. Jerman memang bermesin diesel, mereka akan panas ketika berlaga di ajang sesungguhnya.

5 Pertemuan Terakhir



loading...

Feeds