Kemana Nahkoda KM Sinar Bangun? Ternyata Dia…

Nahkoda KM Sinar Bangun tidak tertera dalam daftar nama penumpang yang selamat. (Istimewa)

Nahkoda KM Sinar Bangun tidak tertera dalam daftar nama penumpang yang selamat. (Istimewa)

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Nahkoda Kapal Motor (KM) Sinar Bangun yang tenggelam di danau Toba, ternyata sudah diamankan pihak Polres Samosir,
Selasa (19/6/2018) kemarin.

Beredar kabar, sang nahkoda bernama Situa Sagala tak ikut kapal tersebut ketika menyeberang danau. Dari beberapa daftar nama penumpang yang selamat, nama Situa Sagala tidak tertera. Disebut-sebut, kapal dikendalikan oleh nahkoda cadangan atau pengganti.

“Benar sudah kita amankan Situa Sagala,” kata Kapolres Samosir AKBP Agus Darojat, Rabu (20/6/2018).

Agus menyatakan, pihaknya mengamankan nahkoda KM Sinar Bangun di rumahnya.

“Dia kita amankan saat sedang bersama keluarganya di dalam rumahnya, da yang bersangkutan tidak ada melawan saat kita amankan,” ujar Agus yang mengaku lupa alamat rumah sang nahkoda kapal karam tersebut.

Diutarakan Agus, hingga kini pihaknya belum bisa memeriksa Situa Sagala mengingat kondisinya masih trauma. “Saat kita amankan, dia masih trauma dan terlihat tidak kooperatif saat ditanya tentang kejadian kenapa kapal bisa tenggelam. Tapi setelah dia tidak trauma, pasti akan kita tanya,” akunya.

Terkait status hukum nahkoda apakah sudah ditetapkan tersangka, ,Agus mau memastikan.

“Bagaimana bisa kita menetapkan seseorang sebagai tersangka kalau yang bersangkutan saja belum kita mintai keterangan? Sabar dulu, Situa Sagala masih trauma. Tidak bisa kita minta keterangan dari orang yang sedang trauma. Nanti, setelah kita periksa, saya akan beritahu informasi lanjutan,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Kabid Humas Polda Sumut AKBP Tatan Dirsan Atmaja.

“Saya dapat informasi kalau sang nahkoda masih belum bisa dimintai keterangan, hal ink mengingat dia masih trauma. Apabila ada informasi lebih lanjut, pasti saya kabari,” katanya.

Mengenai apakah nahkoda KM Sinar Bangun akan dibawa ke Polda Sumut untuk dilakukan pemeriksaan, Tatan tak menjawab secara pasti. Ia meminta rekan-rekan jurnalis untuk bersabar dulu. Sebab, kondisi Situa Sagala masih trauma.

“Masih trauma, sabar dulu. Sekarang masih kita kasih istirahat di Mapolres Samosir. Apakah nanti dilimpahkan ke Polda atau tidak, akan kita kordinasikan dengan Polres Samosir,” tukasnya.
(fir/pojoksumut/sdf)



loading...

Feeds