Objek Diduga Bangkai KM Sinar Bangun Ditemukan 2 KM dari Pelabuhan Tigaras

Petugas terus meng-update perkembangan tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun.
Foto : twitter/BNBP

Petugas terus meng-update perkembangan tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun. Foto : twitter/BNBP

POJOKSUMUT.com, SIMALUNGUN-Tim SAR gabungan menemukan objek yang diduga bangkai Kapal Motor Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Minggu (24/6/2018) sore tadi. Objek tersebut ditemukan dari kedalaman 490 meter.

Kepala Basarnas Marsekal Madya M Syaugi yang ikut membantu pencarian mengatakan, bahwa tim baru mendarat di Pelabuhan Tigaras, setelah melakukan pencarian sejak pagi. Mulai dari cuaca panas, hujan hingga sampai berhenti hujan.

“Pencarian yang dilakukan menggunakan alat-alat seperti Multibeam Side Scan Sonar hingga alat lain ROV. Ada indikasi, kita menemukan objek di kedalaman 490 meter,” kata Syaugi.

Disebutkannya, objek yang ditemukan jika diukur dari Pelabuhan Tigaras berada pada arah barat daya.

“Pertama kali titik koordinat barat daya kurang lebih 3 kilometer. Kita melihat indikasi ada dua tempat di jarak 2,5 kilometer dan 2 kilometer dari Pelabuhan Tigaras,” sebut Syaugi.

Ia menuturkan, tim gabungan kini sedang memproses untuk mencari tahu apa yang ada di dalam. Apakah betul atau tidak objek itu KM Sinar Bangun, belum bisa dipastikan karena belum dapat kepastian detail.

“Kita sudah kasih tanda pakai jangkar, nanti selanjutnya kita teruskan setelah hasil analisa dan diskusi. Tapi, yang jelas kita belum bisa pastikan objek yang ditemukan itu apakah memang betul KM Sinar Bangun. Namunn indikasi ada objek yang membedakan dengan dasar laut,” ujarnya.

Sementara, tim survei Basarnas dan Mahakarya Geo Survey – IAITB, Henky Suharto kepada wartawan menyebutkan, objek tersebut berada pada koordinat 2 deg 47′ 3.835 N dan 98 deg 46′ 10.767 E. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds