Wabup Agam: Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Tokoh Sumut Edy Rahmayadi menobatkan sebagai warga Kehormatan Ikatan Keluarga Bayur (IKB).

Prosesi ini digelar di Gedung IKB Jalan Utama Medan saat Halal Bil Halal IKB yang digelar Minggu (24/06/2018).

Edy yang hadir bersama istri,  Nawal Lubis mengaku kaget dan bahagia atas sambutan dan penerimaan sebagai keluarga besar masyarakat Minang khususnya IKB.

Hadir dalam Halal Bil Halal Wakil Bupati Kabupaten Agam Trianda Farhan Satria, tokoh masyarakat Minang diantaranya Prof Usman Pelly, Rosihan Arbie, Mantan Walikota Medan Abdillah dan keluarga besar Bayur dari 8 Kabupaten Kota.

“Hari ini, hari yang membanggakan bagi saya. Setelah selesai puasa enam, hari ini saya dan istri Hari Raya. Alhamdulillah saya bisa bersilaturahmi dalam Halal Bi Halal Ikatan Keluarga Bayur. Apa yang saya kenakan ini akan saja jaga, dan saya pakai setiap diundang oleh masyarakat Minang,”ujar Edy.

Dikatakan Edy bahwa dirinya memiliki ikatan emosional kepada masyarakat Minang. Dan salah satu tokoh masyarakat Minang turut mendorong dirinya agar maju sebagai Gubernur Sumut.

“Salah satu yang mendorong saya kembali ke Sumut untuk mencalonkan diri sebagai Cagubsu adalah tokoh masyarakat Minang,  mantan Mensos Bapak Bachtiar Chamsyah. Beliau mengatakan kamu harus turun ke Sumut untuk memperbaiki keadaan yanga ada. Walau saya suku Minang tapi saya sudah pernah minum air sungai Deli kata Pak Bachtiar kepada saya, “ujar Edy menceritakan apa yang dikatakan Bachtiar Chamsyah saat di Kantor Pangkostrad beberapa waktu lalu.

Sementara itu tokoh masyarakat. minang yang juga Wakil Bupati Agam, Trianda Farhan Satria dalam sambutannya menyampaikan salam Gubernur Sumbar dan Bupati Agam kepada Edy.

Para kepala Daerah ini berharap Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah diberi amanah oleh rakyat Sumut sebagai pemimpin mereka.

“Pak Edy dapat Salam dari Pak Gubernur Sumbar dan Pak Bupati Agam. Kata Pak Gubernur beliau tak sabar bisa bersama-sama Pak Edy sebagai Kepala Daerah. Kalau Pak Bupati katakan insya Allah akan hadir pada pelantikan Pak Edy sebagai Gubernur, “ujar Trianda Farhan Satria Disambut tepuk tangan masyarakat yang hadir.

Dalam kesempatan tersebut Trianda Farhan Satria kembali menegaskan kalau masyarakat Minang memegang teguh Filosopi hidup, Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah sebagaimana yang dikatakan Ketua Panita Halal Bil Halal sekaligus Ketua IKB Kota Medan H Ahmad Arif.
“Seperti yang disampaikan Ketua Panitia tadi kalau Filosopi ini sangat dipegang teguh Masyarakat Minang. Termasuk juga dalam menentukan pemimpin ditempat mereka berada,”ujarnya.

Sebelumnya Ketua Panitia yang juga anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi PAN Ahmad Arif menyampaikan bahwa pemberian gelar warga kehormatan IKB karena pihaknya menilai Edy Rahmayadi merupakan tokoh putra daerah yang cocok memimpin Sumut.

Arif pun meyakini kalau Masyarakat Minang yang kental akan agama Islam akan memberikan dukungan kepada pasangan Cagubsu dan Cawagubsu yang seakidah.

“Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah. Orang Minang adatnya berdasarkan Kitab Suci Alquran. Dan orang minang juga mengenal dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung yang artinya orang minang harus bisa menjadi contoh yang terbaik di daerah perantauannya,”ujar Arif.

 

(rel/pojoksumut)



loading...

Feeds

Aura Kasih Ngaku Gak Kuat Jalani LDR

Pojoksumut.com, Jakarta- Siapa sih yang mau jauh-jauh dari sang kekasih? Menjalani hubungan jarak jauh alias LDR (long distance relationship) dengan …