BMKG Prediksi Potensi Cuaca Buruk Masih Terjadi di Medan

ilustrasi
Pixabay

ilustrasi Pixabay

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan memprediksi dalam beberapa hari ke depan potensi cuaca buruk masih dapat terjadi di wilayah Sumatera Utara (Sumut), termasuk Kota Medan.

Untuk itu, diimbau masyarakat supaya dapat mewaspadainya.

“Masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai petir, tanah longsor serta gelombang tinggi di wilayah Sumut dan sekitarnya (termasuk Kota Medan),” ungkap Kepala Balai Besar BMKG Wilayah I Medan, Edison Kurniawan, Selasa (10/7/2018).

Edison berpesan, kepada BPBD hingga pihak stasiun radio supaya dapat lebih proaktif dalam meneruskan informasi peringatan dini yang dikeluarkan oleh BMKG. Tujuannya, agar masyarakat terhindar dari dampak bencana yang ditimbulkan.

Selain itu, seluruh masyarakat atau kelompok masyarakat tanggap bencana juga dapat terus mengupdate informasi BMKG melalui aplikasi Info BMKG yang dapat diunduh di Playstore (android) dan Apple store (IOS) untuk melihat update kondisi cuaca, serta iklim, gempa dan peringatan dini tsunami.

Hal ini melihat kondisi cuaca yang sedang sangat dinamis dan berpotensi berubah sewaktu-waktu.

“Untuk di Kota Medan sendiri, pada hari Selasa, hujan lokal dapat terjadi pada siang hari yang diikuti dengan cuaca berawan hingga dini hari. Untuk suhu udara, berkisar antara 23-31 drajat celcius, kecepatan angin 30 km/jam, dengan kelembaban 70-95%,” sebutnya.

Kemudian pada Rabu, di pagi hari, cuaca Kota Medan akan berawan tebal yang diikuti cerah berawan pada siang hingga dini hari. Sedangkan suhu udara 23-30 drajat celsius, kecepatan angin 10 km/jam, dengan kelembaban 79-95%.

“Selanjutnya pada Kamis, di pagi hari cuaca berlangsung cerah, yang diikuti cerah berawan pada siang hingga malam hari, dan udara kabur pada dini hari. Lalu, untuk suhu udara 23-31 drajat celsius, kecepatan angin 10 km/jam, dengan kelembaban 65-100%,” pungkasnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds