Pemko Medan Diminta Anggarkan Ganti Rugi Korban Pohon Tumbang

Kondisi pohon tumbang menimpa mobil di kawasan Gatot Subroto, beberapa waktu lalu
foto : Pusdalops PB Kota Medan

Kondisi pohon tumbang menimpa mobil di kawasan Gatot Subroto, beberapa waktu lalu foto : Pusdalops PB Kota Medan

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Pemko Medan diminta memberi perhatian terhadap mobil korban yang tertimpa pohon saat hujan deras mengguyur Kota Medan, Kamis (5/7/2018) malam pekan lalu.

“Pemko harus bertanggung jawab. Jangan dulu beralasan karena faktor alam dan sebagainya. Harus ada dianggarkan untuk membantu masyarakat yang menjadi korban akibat pohon tumbang itu,” ujar Ketua Komisi IV DPRD Kota Medan, Parlaungan Simangunsong belum lama ini.

Selama ini diakui Parlaungan, belum pernah ada tanggung jawab atau perhatian Pemko atas korban yang tertimpa pohon. Tak hanya pada peristiwa pohon tumbang saja, ia melihat untuk peristiwa lain pun Pemko belum punya komitmen untuk membantu.

“Setidaknya di APBD Perubahan 2018 nanti dianggarkan oleh Pemko. Jadi kalau ada peristiwa serupa sudah ada alokasi yang bisa dikeluarkan membantu masyarakat yang menjadi korban bencana seperti itu,” tegas politisi Partai Demokrat ini.

Medan sudah punya peraturan daerah (perda) tentang kebencanaan yang di dalamnya ada menampung biaya ganti rugi bilamana masyarakat menjadi korban. Baik itu atas tiang reklame dan pohon tumbang yang kena penguna jalan, maupun bentuk bencana lainnya yang terjadi.

“Tapi sepertinya perda itu belum bisa diterapkan, meski sebelumnya telah kita sahkan. Dan anggaran untuk itu juga belum tertampung. Banyak faktor saya pikir kenapa perda ini belum terimplementasi,” pungkasnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds