Hari Kedua Penutupan Daftar Caleg, Tiga Parpol Serahkan Berkas ke KPU Medan

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Hari kedua penutupan pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) untuk Pemilu 2019, tiga partai politik (parpol) mengirimkan berkas daftar nama calegnya ke KPU Kota Medan, Senin (16/7/2018).

Ketiga parpol tersebut adalah Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Ketua DPD PAN Kota Medan, Bahrumsyah mengatakan, pendaftaran yang dilakukan kemarin sengaja pada sekitar pukul 12.00 WIB. Hal ini sesuai dengan nomor urut PAN yakni 12. “Caleg yang didaftarkan kali ini mayoritas didominasi oleh wajah baru sekitar 80 persen,” ujarnya.

Ia menuturkan para tokoh masyarakat, tokoh pemuda seperti dari Muhammadiyah dan Al Washliyah banyak yang ikut mendaftar sebagai caleg DPRD Medan dengan total 50 orang dan 30 persen diantaranya perempuan.

Disebutkan Bahrumsyah, dari empat anggota DPRD Medan saat ini, hanya dua yang maju sebagai caleg DPRD Medan. Sedangkan dua lainnya naik kelas menjadi caleg DPRD Sumut. “Saya tetap di Dapil II, sementara Zulkarnain Yusuf dapil III. Kuat Surbakti dan Arif maju sebagai caleg DPRD Sumut Dapil Medan B,” ungkapnya.

Untuk target kursi, lanjut Bahrumsyah, pihaknya tidak mau memasang muluk-muluk di Pemilu 2019. Oleh karenanya, ditentukan target sebanyak 6 kursi. “Saat ini PAN mendapat 4 kursi, sehingga diharapkan bisa meningkat. Bahkan, PAN pernah mendapat 8 kursi pada Pemilu 1998,” sebutnya.

Sementara, Ketua DPD Partai Nasdem Kota Medan, Afif mengatakan, pihaknya sengaja mendaftarkan sebelum hari terakhir. Sebab, dikhawatirkan parpol akan ramai yang mendaftar pada 17 Juli.

Pun begitu, Afif mengeluhkan jaringan sistem online (silon) untuk meng-upload daftar nama caleg yang diusung. Lantaran, prosesnya cukup lambat berjalan. “Lambat upload foto calegnya, enggak tahu kenapa lama,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Ketua DPD Partai Perindo Kota Medan Dianto MS. Kata Dianto, jaringan lagi kurang bagus sehingga persyaratan harus dilengkapi kembali besok (hari ini, red). “Kita lengkapi kekurangannya hari terakhir dan rencananya pagi hari,” tuturnya.

Tak hanya itu, lanjut Dianto, nama-nama caleg yang diajukan ada beberapa yang masih mengurus syarat kelengkapan berkas. Akan tetapi, hanya satu atau dua berkas saja dan tidak mengganggu proses pendaftaran.

Ia menambahkan, target kursi yang ditentukan sebanyak 10 kursi. Artinya, dari lima dapil minimal setiap dapil meraih dua kursi.

Untuk diketahui, pendaftaran caleg telah dibuka sejak 4 Juli lalu. Pendaftaran akan berakhir pada 17 Juli besok. Kabarnya, waktu pendaftaran tidak akan diperpanjang. Namun, hal ini belum ada keterangan resmi dari KPU Medan. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds