Beberapa Hari ke Depan, Cuaca Panas di Medan Diprediksi Tembus 35 Derajat

Cuaca Panas

Cuaca Panas

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan memprediksi cuaca panas di Kota Medan dan sekitarnya menembus 35 derajat celsius. Kondisi cuaca tersebut diperkirakan berlangsung hingga empat hari ke depan.

Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah I, Syahnan mengatakan cuaca panas yang terjadi di Medan tercatat berlangsung sejak hari Senin (16/7/2018) kemarin.

“Hal ini disebabkan angin bersifat divergen, sehingga awan-awan menyebar yang dapat berlangsung dua hingga empat hari ke depan,” ujarnya, Selasa (17/7/2018).

Selain itu, menurut Syahnan, labilitas udara juga stabil dengan kelembaban udara yang kering, sehingga tidak adanya pertumbuhan awan.

Namun begitu, Syahnan menyatakan jika sejumlah daerah di Sumatera Utara (Sumut) masih dapat berpeluang terjadi hujan terutama di daerah pegunungan serta kawasan pantai barat termasuk Sibolga dan Barus.

“Curah hujan yang berpeluang di wilayah pegunungan seperti Tanah Karo, Dairi, maupun di kawasan Tapanuli Tengah,” ungkapnya.

Ia menuturkan, Provinsi Sumut khususnya Kota Medan, memang sedang dilanda cuaca panas tergolong tinggi pada siang hari yang bertahan selama beberapa jam. “Namun peluang hujan intensitas sedang terutama pada tengah malam hari masih bakal terjadi,” tutur Syahnan.

Dia menambahkan, hingga saat ini di kawasan Sumut juga memang sedang terjadi iklim pancaroba antara panas dan hujan. Karena itu, seharusnya pada bulan Juli 2018 ini, imbuhnya, kawasan Sumut berada pada posisi kemarau, seperti di daerah Pantai Timur, terutama Kabupaten Asahan, Labura dan Langkat terpantau mengalami kekeringan. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds