Digugat PKB, Begini Reaksi KPU Medan

KPU Medan
Foto : net

KPU Medan Foto : net

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan mempersilahkan DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Medan melakukan gugatan ke Bawaslu Sumut.

Sebab hal ini merupakan hak mereka yang dilindungi dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017, yaitu apabila ada yang merasa dirugikan oleh pihak KPU maka boleh mengadukan judikasi ke Bawaslu.

“Baguslah, hanya itu jalan mereka dan itu juga jalan terbaik,” ujar Komisioner KPU Kota Medan Pandapotan Tamba, Jumat (20/7/2018).

Disebutkan Pandapotan, pihaknya pastinya menghadapi gugatan tersebut dengan hormat. Dengan begitu, akan ditemukan apakah proses yang dilakukan KPU Medan benar atau tidak.

“Apapun keputusan Bawaslu nantinya, kita harus hormat dan menjalankan hasilnya. Kalau memang kalah di Bawaslu, maka mungkin bisa menempuh ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN),” tandasnya sembari menambahkan sejauh ini belum ada masa perpanjangan pendaftaran dari KPU RI.

Sebelumnya, DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Medan akan melakukan gugatan atas keputusan KPU Kota Medan, yang menyatakan tidak memenuhi syarat untuk lolos pendaftaran pemilihan calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019.

Gugatan segera dilakukan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Utara (Sumut).

Pengurus DPC PKB Kota Medan Hamdan Simbolon menyatakan, jika tidak ada halangan kemungkinan hari ini akan diajukan gugatan ke Bawaslu Sumut. Dengan begitu, dapat menjadi pertimbangan Bawaslu untuk bisa membuat keputusan atau rekomendasi agar PKB Kota Medan tetap ikut ambil bagian dalam Pileg 2019.

“Kita akan melakukan gugatan ke Bawaslu Sumut dengan membawa berkas yang sudah dilengkapi sesuai prosedur yakni formulir B1, B2 dan B3 secara manual. Hal ini disebabkan sulitnya memasukkan daftar baceleg PKB Kota Medan ke silon (sistem informasi online),” kata Hamdan. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds