Duh! Harga Ayam Potong di Medan Tembus Rp38 Ribu/Kg

Pedagang ayam di salah satu pasar di Medan.
Foto : fir/pojoksumut

Pedagang ayam di salah satu pasar di Medan. Foto : fir/pojoksumut

 

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Harga ayam di Kota Medan tengah melejit dan menembus Rp38 ribu per kilogram (kg). Kenaikan ini mulai terasa sejak sebelum lebaran.

Sebab, sebelum lebaran harga ayam potong masih di angka Rp25 ribu. Setelah lebaran, harga ayam naik perlahan mulai Rp27 ribu hingga minggu lalu berada di angka Rp35 ribu

“Belum pernah turun, naik terus sampai sekarang. Karena harganya naik, jadi susah jualnya,” ujar Hamzah, seorang pedagang ayam potong di Pasar Petisah, Jumat (20/7/2018).

Diutarakan dia, sudah seminggu terakhir harga ayam berada di angka Rp38 ribu. Menurutnya, yang menjadi penyebab harganya naik adalah ketersediaan ayam potong di sejumlah pemasok.

“Kalau kata pemasok, mulai sedikit barang. Di pasar manapun juga sedikit. Jadi mau gak mau harganya naik,” katanya.

Mahalnya harga ayam, dikeluhkan sejumlah pembeli. Apalagi yang memiliki usaha warung nasi. “Mau bagaimana lagi, kan enggak mungkin enggak dibeli. Kita jualan nasi dan menu ayam itu harus ada,” ujar Sinta yang membuka usaha warung nasi.

Sinta mengaku, meski harga ayam naiki namun sama sekali tidak mengurangi besar potongan ayam yang dimasaknya. Karena, bisa jadi mempengaruhi kemauan pelanggannya untuk membeli.

“Selain ayam, harga telur juga naik yang dijual Rp1.600 per butir untuk ukuran relatif kecil,” pungkasnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds