Mujianto Belum Ditangkap, Sidang Lanjutan Kasus Lahan Eks HGU PTPN II Diprotes

ilustrasi
foto : pixabay

ilustrasi foto : pixabay

 

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Sidang lanjutan kasus tanah eks HGU PTPN II seluas 74 hektar yang berlokasi di Pasar IV Desa Helvetia yang berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Medan menuai keberatan atau protes, Jumat (20/7/2018).

Protes disampaikan dari pihak terdakwa Tamin Sukardi melalui penasihat hukumnya, Fachruddin Rifai. Hal itu lantaran tak hadirnya Direktur Utama (Dirut) PT Agung Cemara Reality Mujianto sebagai saksi dalam perkara terdakwa.

Hal ini lantaran saksi masih masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) pihak kepolisian alias belum ditangkap. Dikabarkan, Mujianto telah kabur ke Singapura.

“Kami tidak menghadirkan saksi Mujianto karena masih dalam pencarian pihak Polda Sumut,” ujar JPU Salman dihadapan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Medan diketuai Wahyu Prasetyo dalam sidang lanjutan perkara mengalihkan lahan eks HGU PTPN II.

Karena itu, JPU berharap Berita Acara Pemeriksaan (BAP)yang dibuat penyidik Kejagung bisa dibacakan saja tanpa menunggu kehadiran saksi.

Namun, harapan JPU itu langsung diprotes Fachruddin Rifai. Pasalnya, keterangan saksi Mujianto yang dituangkan dalam BAP banyak tidak benar dan menyudutkan terdakwa.

“Kalau isi BAP saksi dibacakan saja, tentu keterangannya merugikan terdakwa. Karena kami tidak bisa mempertanyakan kepada saksi. Tolong keberatan kami dicatat pak hakim,” cetus Fachruddin.

Dalam BAP itu, saksi Mujianto mengakui ada melakukan perikatan pelepasan tanah eks HGU PTPN II seluas 74 hektar yang berlokasi di pasar IV Desa Helvetia dari PT Erni Putra Terari (EPT) yang dibuat dihadapan Notaris Suriaty Tania.

Keterangan itu juga dibenarkan Dirut PT EPT Mustika Akbar yang diperiksa sebelumnya. “Pelepasan lahan seluas 74 hektar itu senilai Rp236 miliar,tapi baru dibayar Rp.132 miliar dan sisanya belum dibayar,” ujar Mustika Akbar. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds

Alfamidi Gelar Khitanan Gratis di Sibolga

Pelaksanaan khitanan ini dilakukan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sibolga bertempat di Aula Puskesmas Aek Parombuban Kota Sibolga.