Tak Lolos Pendaftaran, PKB Gugat KPU Medan

KPU Medan
Foto : net

KPU Medan Foto : net

POJOKSUMUT.com, MEDAN-DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Medan akan melakukan gugatan atas keputusan KPU Kota Medan, yang menyatakan tidak memenuhi syarat untuk lolos pendaftaran pemilihan calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019.

Gugatan segera dilakukan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Utara (Sumut).

Pengurus DPC PKB Kota Medan Hamdan Simbolon menyatakan, jika tidak ada halangan kemungkinan hari ini akan diajukan gugatan ke Bawaslu Sumut. Dengan begitu, dapat menjadi pertimbangan Bawaslu untuk bisa membuat keputusan atau rekomendasi agar PKB Kota Medan tetap ikut ambil bagian dalam Pileg 2019.

“Kita akan melakukan gugatan ke Bawaslu Sumut dengan membawa berkas yang sudah dilengkapi sesuai prosedur yakni formulir B1, B2 dan B3 secara manual. Hal ini disebabkan sulitnya memasukkan daftar baceleg PKB Kota Medan ke silon (sistem informasi online),” kata Hamdan yang dihubungi, Jumat (20/7/2018).

Diutarakan Hamdan, hal utama yang menjadi penyebab tak lolosnya pendaftaran dikarenakan jaringan silon yang mengalami kendala. Diakuinya, memang ada kesalahan administrasi pada waktu pendaftaran.

“Cukup sulit memang jaringan server dari KPU Medan untuk mengakses, sehingga terjadi kendala dalam silon. Namun demikian, kita masih menunggu proses rencana gugatan dan harapannya PKB bisa ikut serta,” tuturnya.

Ia berharap mudah-mudahan bisa memenuhi syarat yang ditetapkan untuk maju. Karena, PKB harus hadir dalam pesta demokrasi tersebut dan di hati rakyat. “Kita juga berharap nantinya rakyat bisa memilih kader PKB guna duduk di legislatif Kota Medan. Kita akan menunjukkan dan membuktikan kepercayaan yang diberikan kepada masyarakat,” katanya.

Dia menambahkan, diyakini dan percaya masih ada peluang untuk ikut dalam Pileg 2019. Namun, semua ini harus ada campur tangan Tuhan.

Sebagaimana diketahui, PKB dipastikan tidak ikut bertarung dalam Pileg 2019 khususnya untuk Kota Medan dikarenakan tak memenuhi syarat berkas bakal calegnya.

“PKB kita kembalikan berkasnya karena pengurus tidak membawa formulir B1, B2 dan B3, yakni berkas pencalonan yang wajib ditandatangani ketua dan sekretaris saat mendaftar. Pengurus hanya membawa berkas calonnya (bakal caleg) yang akan diusung,” kata Komisioner KPU Kota Medan Pandapotan Tamba.

Pandapotan menyebutkan, dalam mendaftar paling penting sebenarnya adalah berkas pencalonan yang menjadi syarat diutamakan. Sedangkan berkas calonnya masih bisa menyusul untuk dilengkapi. “Seseorang bisa diajukan menjadi caleg apabila diusulkan oleh parpol, bukan calegnya sendiri yang maju. Sebab, sarananya harus melalui parpol,” pungkasnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds

Alfamidi Gelar Khitanan Gratis di Sibolga

Pelaksanaan khitanan ini dilakukan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sibolga bertempat di Aula Puskesmas Aek Parombuban Kota Sibolga.