Hari Ini Nasib PKB Medan Ditentukan, Ikut Pileg 2019 atau Tidak

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Sengketa Pemilu terkait tidak lolosnya pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Medan oleh KPU Medan, memasuki tahap akhir di Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Medan.

Oleh karenanya, hari ini nasib PKB Medan ditentukan apakah bisa ikut pertarungan legislatif pada 2019 mendatang atau tidak.

Ketua Panwaslu Medan Raden Admiral mengatakan, setelah melakukan proses panjang secara maraton mengenai sengketa Pemilu atas laporan gugatan yang dilakukan PKB terhadap KPU, maka kini tinggal sidang membacakan putusan. “Sore ini sekitar jam 3 atau jam 4 sidang judikasinya dengan agenda membacakan putusan,” kata Raden yang dihubungi, Kamis (9/8/2018).

Disebutkan dia, setelah membacakan putusan tidak ada lagi tahapan selanjutnya. Dengan kata lain, proses tersebut merupakan finalisasi. “Pembacaan putusan istilahnya babak final. Setelah itu, tidak ada lagi dan harus dijalankan,” sebut Raden.

Disinggung jika putusan nanti gugatan PKB ditolak apakah masih ada peluang lagi untuk bisa ikut atau melakukan banding, Raden mengaku belum bisa memastikan. Namun, untuk banding tentu dapat dilakukan. “Tunggulah hasil putusannya seperti apa, nantinya akan tahu bagaimana,” tandasnya.

Sementara, Ketua KPU Medan Herdensi Adnin tetap berpegang teguh kepada keputusan awal dengan tak meloloskan pendaftaran berkas bacaleg yang dilakukan PKB lantaran tak memenuhi syarat. Padahal, pihaknya sehari sebelum masa pendaftaran ditutup pada 17 Juli 2018 telah melayangkan surat kepada seluruh parpol agar melengkapi atau memfinalisasi data yang ada sistem informasi online (silon).

“Alasan PKB mengajukan gugatan itu karena silon tidak bisa atau sulit diakses pada 17 Juli 2018. Perlu diketahui bahwa pendaftaran sudah dibuka KPU sejak 4 Juli 2018, ada waktu yang panjang diberikan,” sebut Herdensi.

Disebutkannya, saat sidang terakhir, pihaknya mengajukan saksi dari operator silon. “Kita lihat bagaimana putusan besok, kalau dari KPU sebenarnya sesuai dengan keputusan awal,” tukasnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds