Nonton Bioskop di Negara Ini Wajib Berdiri Saat Lagu Kebangsaan Dikumandangkan

Pemandangan di bioskop India, kini penonton harus berdiri saat lagu kebangsaan dikumandangkan di bioskop sebelum film ditayangkan.
www.thestar.com

Pemandangan di bioskop India, kini penonton harus berdiri saat lagu kebangsaan dikumandangkan di bioskop sebelum film ditayangkan. www.thestar.com

POJOKSUMUT.com, KEBIJAKAN tegas diberlakukan pemerintah India untuk semua pengelola bioskop dan penikmat alias penonton.

Ya, seluruh penonton diharuskan berdiri ketika lagu kebangsaan diputar sebelum film dimulai. Jika tidak, mereka terancam hukuman penjara.

Sejauh ini ada 20 orang yang ditahan gara-gara mengabaikan aturan tersebut.

Kepala Polisi Thiruvananthapuram, Negara Bagian Kerala, India, Sparjan Kumar menjelaskan, 12 orang ditahan Senin (12/12/2016). Tepatnya pada acara festival film internasional yang berlangsung di negara bagian tersebut.

Polisi dan penyelenggara meminta para penonton untuk berdiri saat lagu kebangsaan diputar. Namun, 12 orang tersebut menolak.

”Mereka secara resmi ditahan dan kemudian dibebaskan dengan jaminan,” terang Kumar kemarin (13/12/2016).

Pada saat kejadian, sempat terjadi keributan. Enam di antara 12 orang tersebut sempat diserang oleh beberapa orang lainnya. Namun, hingga kemarin tidak ada pengajuan tuntutan terhadap para penyerang.

Kumar menambahkan bahwa delapan orang lainnya ditahan pada Minggu (11/12/2016) di bioskop Kasi di Kota Chennai. Saat lagu kebangsaan mulai diputar, delapan orang tersebut malah asyik berfoto wefie. Tindakan delapan orang itu memicu kemarahan penonton lainnya.

Mereka akhirnya ditahan dan didakwa melanggar Undang-Undang Pencegahan Penghinaan terhadap Kehormatan Nasional. Jika terbukti bersalah, mereka bisa dihukum hingga tiga tahun penjara.



loading...

Feeds