10 Fakta di Balik Kemenangan Timnas Atas Thailand

Rizky Pora dkk saat merayakan kemenangan atas Thailand. | jawapos

Rizky Pora dkk saat merayakan kemenangan atas Thailand. | jawapos

POJOKSUMUT.com, Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan penting di leg pertama Final Piala AFF 2016 atas sang juara bertahan Thailand dengan skor 2-1 di Stadion Pakansari, Cibonong, Kabupaten Bogor, Rabu (14/12) malam wib.

Tertinggal lebih dulu melalui Teerasil Dangda di menit 33, Indonesia kemudian bangkit di babak kedua melalui gol Rizky Pora (65) dan Hansamu Yama (70).

Kemenangan tersebut jelas mempermudah jalan bagi Indonesia dalam merengkuh trofi Piala AFF untuk pertama kalinya dalam sejarah. Meski harus diakui, laga leg kedua di kandang Thailand nanti dipastikan tak akan berjalan mudah.

Terlebih, Indonesia pun dipastikan tak akan bisa diperkuat oleh penyerang sayap Andik Vermansyah yang cedera lutut dan harus ditarik keluar dengan menggunakan tandu untuk digantikan Zulham Zamrun di menit 20.

Berikut fakta-fakta dari pertandingan leg pertama Final Piala AFF 2016 yang dimenangkan Indonesia dengan skor 2-1:

1. Hasil akhir 2-1 ini mengulang hasil yang sama saat Indonesia menjamu Vietnam di stadion yang sama di leg pertama semifinal lalu.

2. Teerasil Dangda sudah 4 kali menjebol gawang Kurnia Meiga. 3 gol saat pertemuan pertama di fse grup dan 1 gol di laga semalam.

3. Teerasil Dangda menjadi top skorer dengan koleksi 6 gol.

4. Gol Rizki Pora ke gawang Thailand menjadi gol pertama Timnas Indonesia yang tercipta dari luar kotak penalti di Piala AFF 2016. Sebelumnya, Timnas Indonesia selalu mendapatkan gol dari dalam kotak penalti.

5. Timnas Indonesia menjadi tim yang paling banyak kebobolan di Piala AFF 2016. Hingga saat ini, gawang Kurnia Meiga sudah 10 kali dibobol lawan.

6. Timnas Indonesia melanjutkan statusnya sebagai satu-satunya tim yang mampu menjebol gawang Thailand di Piala AFF 2016.

7. Timnas Indonesia menjadi tim yang pertama bisa mengalahkan Thailand di Piala AFF 2016.

8. Timnas Indonesia selalu mencetak 2 gol dalam setiap laga mulai dari babak penyisihan sampai malam ini.

9. Kurnia Meiga dan Abduh Lestaluhu menjadi dua pemain Timnas Indonesia yang selalu bermain penuh sejak menit pertama dan belum pernah digantikan di Piala AFF 2016 ini.

10. Di 6 edisi terakhir Piala AFF, tim yang menang di leg pertama selalu tampil menjadi juara. Hal itu dicatatkan Thailand (2014 dan 2012), Malaysia (2010), Vietnam (2004) dan Singapura (2004 dan 2007).

(ruh/pojoksatu/sdf)



loading...

Feeds