Sebulan Diburon, Pelaku Penipuan Senilai Rp100 Juta Diciduk di Nias

Ilustrasi. | pojoksatu.id

Ilustrasi. | pojoksatu.id

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Seorang pelaku penipuan dan penggelapan dengan modus bisnis jual beli, EZ (25), diringkus petugas Unit Reskrim Polsek Medan Baru, Rabu (14/12/2016).

Pelaku yang sempat buron selama kurang lebih sebulan ini diciduk dari kampung halamannya, di Jalan Arah Moawo Desa Bawadesolo Kecamatan Gunung Sitoli, Nias, Sumatera Utara.

Informasi dihimpun, penangkapan terhadap tersangka bermula ketika korban Yusman Harefa, membuat laporan ke Polsek Medan Baru setelah uang ratusan juta rupiah yang diberikannya kepada tersangka tak kunjung dikembalikan.

Sedangkan bisnis yang dijanjikan tak kunjung jalan. Laporan korban tertuang dalam Lp/1498-A/X/2016/SU/Polresta medan/ sek medan baru, tanggal 12 Oktober 2016.

Polisi yang menerima laporan itu, lalu menindaklanjutinya. Alhasil, setelah satu bulan diburon, tersangka EZ yang kabur ke Nias, Rabu kemarin dibekuk petugas Polsek Medan Baru.

Usai diamankan di kediamannya, tersangka lalu diboyong ke Mapolsek Medan Baru untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Tersangka dilaporkan oleh korbannya setelah melakukan penipuan dengan modus bisnis jual beli, korban mengalami kerugian hingga mencapai Rp100 Juta,” ujar Kapolsek Medan Baru, Kompol Roni Bonic.

Dikatakan Bonic, polisi masih memeriksa tersangka apakah sudah sering melakukan penipuan dengan modus serupa.

“Pengakuan tersangka baru sekali, tapi masih didalami lagi. Kita juga menunggu laporan korban yang lain,” imbuhnya.

Akibat perbuatannya tersangka dijerat dengan Pasal 372 sub 378 KUHPidana, dengan ancaman hukuman 5 tahun kurungan penjara. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds