USU Masih Kekurangan Guru Besar

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Universitas Sumatera Utara (USU) masih kekurangan guru besar.

Pasalnya, jumlah guru besar yang ada di kampus plat merah tersebut tak mencapai angka 10 persen dari total dosen atau tenaga pengajar yang ada.

Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum mengatakan, jumlah guru besar yang ada saat ini sebanyak 140 orang. Sedangkan, jumlah tenaga pengajar mencapai 1.500 lebih.

“Jumlah guru besar di lingkungan USU sudah mencapai 140 orang. Namun begitu, jumlah ini masih kurang karena rasionya belum ideal bila dibandingkan dengan total tenaga pengajar yang ada sebanyak 1.500 lebih,” ujar Runtung usai acara pengukuhan tiga guru besar, Kamis (15/12/2016).

Meski begitu, kata dia, pihaknya terus, mendorong dosen-dosen yang ada di USU untuk meningkatkan jenjang pendidikan.

“Misalnya, dari S2 menjadi S3 dan S3 menjadi profesor. Kini, sudah ada 4 orang yang sudah didaftarkan di Kemenristekdikti,” tuturnya.

Dia menambahkan, menjadi guru besar memiliki banyak keistimewaan ketimbang hanya dosen atau tenaga pengajar biasa. Salah satunya, dalam hal pendapatan.

“Setelah menjadi guru besar, maka dia berhak mendapat tunjungan kehormatan yang nilainya cukup besar. Dengan kata lain, tingkat kesejahteraannya lebih besar dibanding tidak menjadi guru besar,” tukas Runtung. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds