Wasit Arab Pimpin Final Leg Dua, Ini 7 Faktanya

Mohammed Abdullah Hassan Mohamed  saat diprotes Marcelo Lippi

Mohammed Abdullah Hassan Mohamed saat diprotes Marcelo Lippi

POJOKSUMUT.com, AFC resmi menunjuk wasit asal Uni Emirat Arab, Mohammed Abdullah Hassan Mohamed sebagai pengadil lapangan untuk laga leg kedua Final Piala AFF antara Thailand vs Indonesia di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/12) pukul 19.00 wib.

Tugas tersebut menjadi debutnya di ajang Piala AFF sekaligus menjadi yang pertama baginya memimpin laga antara tim senior Thailand dan Indonesia.

Berikut fakta-fakta wasit Mohammed Abdullah Hassan Mohamed yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Tugas perdana di Piala AFF
Sejak karir kewasitannya, laga leg kedua Final Piala AFF 2016 adalah kali pertama baginta memimpin laga di Piala AFF.

2. Wasit paling senior
Ia menjadi wasit paling senior dengan lisensi FIFA dari 7 wasit di EUA dan sudah mendapat lisensi untuk memimpin laga internasional sejak 2010.

3. Pernah 2 kali bertugas di SUGBK

Mohammed Abdullah Hassan Mohamed pernah 2 kali menjadi pengadil lapangan dalam kualifikasi Kejuaraan Asia U-23 2016 Grup H pada Meret 2015 di SUGBK, yakni laga Indonesia vs Timor Leste (5-0) dan Korea Selatan vs Indonesia (4-0).

4. Dua kartu merah dalam 2 menit

Mohammed Abdullah Hassan Mohamed pernah mengeluarkan dua kartu merah dalam waktu 2 menit saja. Itu terjadi saat laga perempat final leg pertama Liga Champions Asia (LCA) 2014 antara Guangzhou Evergrande kontra Western Sydney Wanderers.

Dua kartu merah tersebut diacungkan kepada dua pemain Guangzhou Evergrande Zhang Linpeng dan Gao Lin di menit 89 dan 90.

5. Pernah didamprat Marcelo Lippi

Masih berkenaan dengan 2 kartu merah yang keluar dari sakunya, pelatih legendaris Italia Marcelo Lippi yang kala itu membesut Guangzhou Evergrande, mendamprat habis-habisan Mohammed Abdullah Hassan Mohamed hingga masuk ke dalam lapangan karena menilai keputusannya sangat keliru. Guangzhou Evergrande pun kalah 0-1.

6. Rekor kartu

Mohammed Abdullah Hassan Mohamed tercatat telah mengeluarkan 183 kartu kuning (83 tim tuan rumah dna 100 tim tamu), 13 kartu merah (7 tim tuan rumah dan 6 tim tamu) serta 11 penalti (7 tim tuan rumah dan 4 tim tamu).

7. Catatan pertandingan

Sampai dengan Desember 2016, Mohammed Abdullah Hassan Mohamed sudah memimpin 55 pertandingan internasional, baik level klub maupun timnas.

(ruh/pojoksatu/sdf)



loading...

Feeds